Aplikasi Ujian Online (gratis)

Alhamdulillah aplikasi ujian online berbasis komputer berhasil dipraktekkan di laboratorium SMAN 1 Martapura, berkat bantuan Mas Eko, Pak Min, dan lainnya. Aplikasi ini simple dan gratis, hasil kerja keras Tim Guru dari Lamongan yg diupload pak Kurnia Yahya di youtube dengan link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=3mEsXAjizm4 Ukuran masternya kecil sktr 50MB bisa di download sesuai link yg ada pada deksripsi youtube itu atau klik di https://goo.gl/P1Mwzx

Instalasinya sangat mudah, cuma 1x klik saja. Trus buat kelas simple. Bikin user bisa dari excel. Saya bikin user password dan profil utk sekitar 300 murid kelas XII hanya beberapa menit karena ambil data dari file absen. Pembuatan soal juga bisa import dari excel, sangat mudah.. soal bisa dibuat tanpa harus buka aplikasi. Setelah user login dg password standar, mereka bisa ganti password utk login selanjutnya.

Pelaksanaannya tanpa internet, cukup intranet yg bisa dibikin dari jaringan kabel / router wifi yg saat ini udh sangat murah (yg harga sekitar 100rb-an aja banyak bisa connect puluhan komputer), atau tanpa kabel dan tanpa router wifi dg cara bikin jaringan ad hoc antar komputer. Klo kekurangan komputer, sekali-sekali murid disuruh bawa laptop klo punya / minjem. Sekarang pun laptop bukan barang mahal, di tokopedia banyak laptop merk bagus dg harga di bawah 1,5jt, bahkan ada yg di bawah 1jt. Mgkn kalo murid rajin menabung bisa kebeli, daripada abis buat jajan.

Selama masih dalam satu jaringan seluruh perangkat yg memiliki autentikasi bisa connect, mulai dari laptop, smartphone, dsb. Seandainya dari dinas terkait (provinsi/kabupaten) bisa mengkoordinir bank soal dalam satu format utk diupload, mgkn kita sudah punya puluhan ribu bank soal dan bisa di filter oleh guru-guru terpilih yg kompeten utk dijadikan soal simulasi ujian.

Saya di SMAN 1 Martapura rencana akan membuat soal dua versi, yg pertama dari guru dg analisa kompetensi mereka, yg kedua dari murid berdasarkan contoh soal tahun lalu / simulasi yg mereka punya / cari di internet. Setiap masuk lab mereka minimal harus bikin 5 soal, sebelum ikut simulasi atau belajar yg lainnya. Jadi setiap kelas yg masuk sudah terkumpul sekitar 150 soal. Klo setiap hari ada yg kelas masuk lab maka dalam seminggu kita sudah punya ribuan bank soal…

Meskipun soal dari murid (versi kedua), tapi saat prakteknya soal itu diacak baik urutan soalnya maupun jawabannya. soal hanya dipilih random beberapa dari ribuan bank soal. dan antar perangkat beda soal. sehingga bisa utk latihan, apalagi kalau waktu pengerjaannya pas-pasan akan susah utk kerjasama.

Best Regards,
Anang Purnomo Kurniawan
Guru TIK SMAN 1 Martapura.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s