GRATIS: Aplikasi Absen Siswa Berbasis Web (tanpa internet)

DEAR..

berikut ini saya share aplikasi absen siswa yang saya dapat dari alamat website berikut ini https://www.google.com/search?q=hi-codding.blogspot.co.id+absen+siswa&ie=utf-8&oe=utf-8

Aplikasi absen siswa ini tidak memerlukan jaringan internet dan bisa diakses melalui HP atau komputer yang terhubung dengan jaringan lokal atau intranet. Jaringan intranet kita bisa bikin dg wifi / software my wifi router / hotspot hp / jaringan kabel / ad hoc antar komputer / stand alone kalo memang user-nya hanya 1 orang, tidak perlu jaringan, banyak pilihan !!!

Dengan adanya aplikasi ini rekap absen siswa per kelas ataupun rekap per keterangan tidak hadir dan keterlambatan untuk periode tertentu bisa lebih mudah dan lebih cepat diketahui, sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk melakukan tindakan disiplin ke level berikutnya.

Silahkan dibuka alamat tersebut untuk mendownload file asli sebelum saya modifikasi dan penjelasannya juga ada disitu. Bagi yg kesulitan mendapat file aslinya saya share juga di google drive, silahkan klik di: https://drive.google.com/file/d/0BygeAPlwUVFpQkdGSVBUaTE0VEk/view?usp=sharing

Sedangkan untuk aplikasi yang sudah saya modifikasi bisa di download di alamat berikut https://drive.google.com/open?id=0BygeAPlwUVFpWDEyMUNuNGdPLXc

Perbedaan aplikasi yg asli dg yg saya modifikasi ada pada penambahan menu rekap per keterangan tidak hadir dan keterlambatan. Jadi yg hadir tidak perlu di check-box, diganti dg yg terlambat. Kemudian ada perbaikan di halaman login.

Cara menggunakannya :
1. pastikan sudah download xampp, ukurannya sekitar 100MB bisa didownload di https://www.apachefriends.org/download.html
2. pastikan sudah punya file aplikasinya (source code), terserah mau pake yg master asli atau yg sudah saya modifikasi, kedua-duanya saya share di link diatas, tinggal pilih salah satu.
3. install xampp, jalankan apache dan mysql melalui xampp control panel.
4. copy folder yg didownload C:xampphtdocs kalau pake versi saya maka yg dicopy adalah folder absen.
5. buka browser, ketik localhost/phpmyadmin, trus bikin database baru dengan nama absensi_db
6. klik impor pada bagian kanan lalu arahkan ke file absensi_db.sql lalu kirim
7. buka browser ketik localhost/absen kemudian login username: admin password: admin
8. silahkan dicoba-coba menu yg disediakan
9. untuk masukkan data siswa yg banyak saya sarankan melalui localhost/phpmyadmin kemudian pilih tabel siswa di kiri lalu pilih sql dan copy paste seluruh siswa sesuai format input yg ada pada script insert into, gunakan excel utk menggabungkan karakter agar sesuai dg script. sehingga kita bisa proses banyak siswa sekaligus, tidak perlu satu persatu.

Aplikasi ini saya dapatkan gratis, jadi saya share juga dg gratis, semoga banyak lagi yg mau berbagi dg gratis. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi saya, di no 081280755365. Trims.

Regards,
Anang PK

Leave a Reply

